Sunday, October 30, 2016

Merangsang IQ Anak Sejak Dalam Kandungan


Orang tua akan melakukan usaha terbaik untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan fisik dan otak si kecil, mulai dari memberikan stimulasi, pengajaran dan pendidikan sejak dini, memberikan kasih sayang secara utuh, termasuk memberikannya susu dancow untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak. Tentunya semua itu dilakukan agar anak tumbuh dengan sehat dan agar anak cerdas di kemudian hari. Untuk merangsang otak dan kemampuan anak, sebenarnya sudah bisa bunda lakukan sejak si kecil ada dalam kandungan. Selama masa kehamilan, bayi dalam kandungan dpat menyerap latihan yang bunda berikan untuk menstimulasi kecerdasannya di kemudian hari. 

Adapun kiat merangsang IQ anak sejak dalam kandungan dapat dilakukan melalui beberapa cara berikut ini : 

Merangsang menggunakan visual Untuk menciptakan koneksi di otak janin yang dapat meningkatkan kecerdasannya di kemudian hari, anda bisa melatih otak kecil bunda dengan merangsangnya melalui gambar. Misalnya dengan melihat pemandangan indah yang membuat bunda merasa tenang. Ketenangan yang bunda rasakan bisa dirasakan oleh janin dalam kandungan bunda, sehingga hal tersebut bisa merangsang peningkatan IQ pada bayi bunda. Mengajak janin berbicara Janin dalam kandungan usia 23 minggu ke atas, sudah mampu mendengarkan. 

Dia juga sudah bisa membedakan suara ayah dan bunda. Sehingga bunda bisa mengajaknya berbicara untuk menstimulasi otak janin. Pada usia kehamilan ini, bunda juga sebaiknya sering mendengarkan lagu-lagu yang tenang atau lantunan ayat suci Al-qur’an agar otak janin semakin terangsang. Rangsang bayi dengan menggunakan cahaya Selain mampu mendengar, janin dalam kandungan juga bisa melihat cahaya. Bunda bisa memberikan cahaya yang redup (tidak terlalu terang) untuk merangsang otak janin. Jika bunda merasa ada tendangan dari janin, maka itu merupakan sinyal yang menunjukkan respon dari janin anda. 

Mencukupi kebutuhan nutrisi bayi selama dalam kandungan Mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan hal yang penting yang harus dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan pada bayi. Bunda bisa memilih makanan yang banyak mengandung tinggi lemak omega 3 dan DHA, zat besi, asam folat dan juga vitamin yang dapat membantu meningkatkan perkembangan otak janin secara optimal. Anda juga bisa mengkonsumsi minyak ikan yang dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh janin dan dapat mempengaruhi tingkat kecerdasannya di masa yang akan datang. 

Hindari stres Stres yang berlebihan pada ibu hamil dapat mempengaruhi kesehatan pada janin. Maka, sebaiknya bunda bisa mengelola stres dengan baik dan bunda bisa melakukan kegiatan yang bisa membuat tubuh dan fikiran rileks. Keadaan ini yang akan menciptakan rileksasi pada janin dalam kandungan dan mampu meningkatkan kecerdasan anak. Itulah beberapa kiat merangsang IQ anak sejak dalam kandungan agar kelak si kecil tumbuh dengan sehat dan agar anak cerdas di masa yang akan datang..