Monday, October 24, 2016

Pola Asuh Anak Yang Baik


Memiliki seorang anak yang sehat serta cerdas tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita selaku orang tua. Tidak mudah memang mencetak karakter anak sesuai yang kita harapkan, sebab banyak sekali faktor yang bisa menghambat proses pembentukan karakter anak yang positif. Perkembangan teknologi saat ini yang semakin canggih terkadang membuat kita selaku orang tua harus semakin waspada terhadap dampak buruk yang ditimbulkan dari kecanggihan teknologi tersebut. Untuk mengatasi kemungkinan hal-hal negatif yang akan berdampak pada pembentukan karakter buah hati kita maka kita harus fokus dalam menjalankan pola asuh anak yang baik. 

Kecerdasan seorang anak sampai tumbuh besar nanti sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan serta pola asuh yang diterimanya selama masa pertumbuhan. Pola asuh anak yang baik setidaknya akan membentuk karakter yang baik pula. Lain halnya jika seorang anak tumbuh dan besar di lingkungan yang tidak disertai pola asuh yang baik, sedikitnya akan timbul sifat negatif yang diterima selama masa pertumbuhannya tersebut. Untuk mendukung anak mendapatkan masa depan yang baik, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan antara lain : 

Ketahui potensi anak Setiap anak memiliki potensi yang berbeda-beda. Tugas kita selaku orang tua adalah mendukung segala potensi yang muncul pada diri si anak. Bentuk dukungan itu bermacam-macam, misalnya si kecil punya potensi dalam bidang musik maka tugas kita adalah membelikan ia alat musik sesuai yang diinginkannya. Jika diperlukan kita terjun langsung untuk sekedar berlatih bersama si kecil supaya lebih bersemangat lagi dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya. 

Jadilah model yang baik Sebagai orang tua tentu sangat mengharapkan kelak anak kita akan tumbuh menjadi orang baik. Hal tersebut bisa terwujud jika perilaku kita mencerminkan sikap yang baik didepan anak. Sebab anak akan meniru beberapa hal yang kita lakukan, maka kita wajib menjadi model atau panutan terbaik bagi anak. Kita bisa memberinya contoh bagaimana menjaga pola hidup yang sehat, menghargai serta menghormati kepada setiap anggota keluarga, orang lain serta mahluk hidup lain. Demikianlah beberapa cara yang bisa kita lakukan dan terapkan untuk dijadikan pola asuh anak yang baik. Semoga bermanfaat.