Wednesday, November 2, 2016

Kesesuaian Manfaat Olahraga dengan Jenisnya


Prinsip dasarnya, olahraga apapun baik, tinggal bagaimana menjalaninya atau melakukannya. Manfaat olahraga yang begitu banyak memberikan pilihan-pilihan yang manakah yang akan dilakukan, dan jika ingin berolahraga harus tekun jangan terlalu memaksakan diri kalau memang fisik tidak kuat, harus disesuaikan dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada tahap awal sebaiknya olahraga dilakukan dalam waktu singkat untuk memberikan pengenalan dan membiasakan tubuh. Awalnya tubuh akan terasa sakit, pegal-pegal dan nyeri karena otot belum terlatih atau terbiasa. 

Namun, gejala tersebut akan hilang setelah beberapa waktu atau beberapa kali berolahraga. Banyak sekali pilihan olah raga yang dapat menyehatkan tubuh, kombinasi olahraga akan memperkaya manfaat yang bisa didapatkan. Dengan olahraga tertentu akan didapatkan manfaat olahraga yang beragam diantaranya : 

Untuk kekuatan dan pengembangan pada otot. Didapatkan dari olahraga latihan beban, lari cepat, berenang, mendayung, tenis, yoga, isometric, peregangan dan bola basket. Sebagai koordinasi dan keseimbangan. Didapatkan dari olahraga dansa, golf, berlayar, tenis, bowling, tai chi, bola basket, sepak bola, bulu tangkis, biliar, yoga, atau berkuda. 

Untuk meningkatkan daya tahan dan fungsi jantung serta pernafasan. Didapatkan dari olahraga jalan santai, mendaki, jogging, lari, bersepeda, aerobic, bermain ski, berenang, mendayung, melompat di atas trampolin. Sebagai kecepatan dan waktu reaksi. Didapatkan dari olahraga lari cepat, tenis, pingpong, baseball, bola tangan, sepak bola, lempar cakram. Menjadikan tubuh lentur (kelenturan). Didapatkan dari olahraga dansa, peregangan, tai chi, meditasi dan yoga. Untuk relaksasi syaraf otot. Didapatkan dari olahraga golf, lempar cakram, tai chi dan yoga. 

Olahraga disarankan tidak dilakukan secara berurutan, hal ini untuk membantu agar otot-otot pulih dan tidak terlalu berat beraktivitas. Karena jika berlebihan, manfaat olahraga bagi tubuh malah dapat mengakibatkan cedera. Apalagi apabila tidak didampingi dengan makanan dan minuman yang kaya nutrisi. Misalnya saja susu, penyempurna criteria makanan empat sehat lima sempurna ini dibutuhkan tubuh terutama untuk tulang dan gigi. Pilihlah produk susu dari nestle yang terbukti dapat mendorong hidup sehat.