Sunday, June 11, 2017

Apakah Ibu Hamil Boleh Puasa ?

menjaga kehamilan muda

Hamil merupakan salah satu konsdisi yang mendapatkan kemudahan untuk menjalani ibadah berpuasa. Sehingga seorang ibu hamil boleh tidak berpuasa dan membayarnya kelak di hari lain, ataupun dengan menggantinya menggunakan fidyah. Namun terkadang ibu hamil pun ingin menjalankan ibadah yang agung tersebut, apakah diperbolehkan? Bagai mana menjaga kehamilan muda saat berpuasa?

Jika Anda tengah hamil sudah dan ingin menjalankan ibadah puasa. Maka usaha Anda dalam menjaga kehamilan muda Anda harus lebih ekstra bila dibandingkan dengan orang lain. Berikut dialah beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika hendak menjalankan ibadah puasa :
Perhatikan Nutrisi Saat Sahur dan Berbuka.

Seorang wanita yang tengah mengandung membutuhkan nutrisi lebih banyak dari wanita lainnya. karena nutrisi yang dia konsumsi merupakan nutrisi untuk dua orang untuk ibu dan juga bayinya. Sehingga ketika makan sahur dan berbuka pastikan nutrisi selama satu hari terpenuhi dengan optimal.

Makanlah dengan porsi yang lebih banyak terutama proteinnya. Selain dari itu konsumsi madu serta susu untuk menjaga stamina ibu dan bayi selama sehari penuh. Jika memungkinkan konsumsi suplemen penambah gizi khusus ibu hamil agar perkembangan bayi Anda tidak terganggu meskipun ibunya sedang berpuasa.


  • Konsultasi Ke Dokter

Sebelum Anda memutuskan melakukan ibadah puasa, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda terlebih dahulu. Saat konslutasi tersebut pastikan kondisi Anda dan bayi Anda dalam keadaan sehat. Mintalah suplemen penambah gizi selama bulan puasa sehingga Anda tidak mengalami kekuarangan nutrisi selama menjalani ibadah puasa.

Tidak lupa periksa keadaan kehamilan Anda di pertengahan puasa. Lihatlah kondisi bayi Anda apakah baik atau mengalami penurunan. Dengan demikian Anda dapat mengambil langkah untuk menjalankan ibadah puasa Anda di hari-hari selanjutnya.


  • Kurangi Aktivitas

Ketika Anda sedang hamil dan menjalankan ibadah puasa, maka kurangilah segala aktivitas Anda terutama aktivitas yang berhubungan dengan fisik. Hal ini dilakukan untuk menghidarkan Anda dari kelelahan yang teramat sangat, yag pada akhirnya akan mengganggu kesehatan ibu dan juga bayi yang dikandungnya.

Itulah beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga kehamilan muda Anda ketika menjalani ibadah puasa. Jika Anda ingin mendapatkan berbagai informasi dan tips seputar kehamilan, Anda dapat mengunjungi duniamamy.com.

No comments:

Post a Comment