Monday, January 8, 2018

Inilah 3 Cara Terbaik Menyikapi Anak Hiperaktif

Semua orang tua pastinya ingin buah hati memiliki kemampuan motorik yang baik. anak yang aktif terkadang dianggap lebih baik dibandingkan anak yang lebih banyak diam dan kurang bergerak, karena anak aktif biasanya memiliki kecerdasan lebih baik disebabkan ia memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi, dan mampu mengekplorasi lingkungannya sehingga memiliki pengetahuan yang lebih banyak. 

Namun jika anak terlalu aktif atau dikenal dengan istilah anak hiperaktif, maka bunda harus memiliki cara terbaik untuk menyikapinya. Anak yang hiperaktif ditandai dengan tindakannya yang tidak bisa diam, selalu bergerak, sulit diatur, ceroboh, tidur hanya sebentar dan sulit untuk beristirahat. Artikel kami kali ini akan membahas cara terbaik dalam menyikapi buah hati hiperaktif, seperti berikut ini.
  • Atur pola makan yang tepat

Hal pertama untuk menyikapi anak hiperaktif adalah mengatur pemberian makanan yang mengandung gula atau karbohidrat sulingan dengan kadar yang tinggi seperti nasi putih atau produk olahan tepung agar tidak berlebih. Hindari penyedap rasa, pemanis dan pewarna buatan. Berikan buah hati hiperaktif makanan yang mengandung kalsium dan magnesium seperti sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Anak yang terlalu aktif memiliki pergerakan yang dinamis, metabolisme tubuhnya lebih cepat sehingga ia memerlukan asupan yang lebih sering dibandingkan anak lainnya.
  • Jangan menghukum anak hiperaktif

Perilaku hiperaktif bukanlah kesalahan buah hati, sehingga bukan hal benar jika bunda menghukumnya. Cara terbaiknya adalah bunda harus bisa lebih tegas tanpa harus marah kepada si kecil. Berikan pengertian bahwa ia telah melakukan hal secara berlebihan dan cukup mengganggu lingkungan sekitarnya. Panggil namanya, pandang wajahnya hingga perhatiannya hanya tertuju pada anda dan berbicaralah dengannya dengan tegas.
  • Hindari menghakimi buah hati dengan sebutan anak nakal

Perilaku hiperaktif bukan pula berasal dari kenakalan anak. Karena hiperaktif merupakan bawaan yang disebabkan oleh suatu hal. Jika bunda terbiasa menyebutnya nakal, maka ia akan bersikap seperti yang sering bunda katakan. Biasakan bunda memanggilnya dengan panggilan yang lebih positif.

Demikianlah 3 hal penting dalam menyikapi anak hiperaktif, selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment